Minggu, 15 Agustus 2010

PENGOLAHAN TEPUNG TAPIOKA

Posted on/at 21.36 by Admin

PROSES PRODUKSI

1. Pengupasan

Pengupasan dilakukan dengan cara manual yang bertujuan untuk memisahkan daging singkong dari kulitnya. Selama pengupasan, sortasi juga dilakukan untuk memilih singkong berkualitas tinggi dari singkong lainnya. Singkong yang kualitasnya rendah tidak diproses menjadi tapioka dan dijadikan pakan ternak.

2. Pencucian

Pencucian dilakukan dengan cara manual yaitu dengan meremas-remas singkong di dalam bak yang berisi air, yang bertujuan memisahkan kotoran pada singkong.

3. Pemarutan

Parut yang digunakan ada 2 macam yaitu :
1. Parut manual, dilakukan secara tradisional dengan memanfaatkan tenaga manusia sepenuhnya.
2. Parut semi mekanis, digerakkan dengan generator

4. Pemerasan/Ekstraksi

Pemerasan dilakukan dengan 2 cara yaitu:
1. Pemerasan bubur singkong yang dilakukan dengan cara manual menggunakan kain saring, kemudian diremas dengan menambahkan air di mana cairan yang diperoleh adalah pati yang ditampung di dalam ember.
2. Pemerasan bubur singkong dengan saringan goyang (sintrik). Bubur singkong diletakkan di atas saringan yang digerakkan dengan mesin. Pada saat saringan tersebut bergoyang, kemudian ditambahkan air melalui pipa berlubang. Pati yang dihasilkan ditampung dalam bak pengendapan.

5. Pengendapan
Pati hasil ekstraksi diendapkan dalam bak pengendapan selama 4 jam. Air di bagian atas endapan dialirkan dan dibuang, sedangkan endapan diambil dan dikeringkan.
Pengeringan Sistem pengeringan menggunakan sinar matahari dilakukan dengan cara menjemur tapioka dalam nampan atau widig atau tambir yang diletakkan di atas rak-rak bambu selama 1-2 hari (tergantung dari cuaca). Tepung tapioka yang dihasilkan sebaiknya mengandung kadar air 15-19%.

Sumber : http://www.bi.go.id/sipuk/id/

2 komentar:

Ferry AT mengatakan...

Bahan/Obat Pemutih Sagu/Tapioka
ferry-at.blogspot.com
Adalah bahan untuk membuat tepung sagu/tapioka yang anda hasilkan menjadi lebih putih bersih sehingga akan meningkatkan kualitas dan harga jual tepung sagu/tapioka anda.

Berikut kami tawarkan harga Pemutih Sagu/Tapioka ini :
Ø Harga eceran per-kilonya Rp. 60.000,-
Ø Untuk pembelian diatas/ > 1 dus (1 dus @ 25 kg), harganya Rp. 1.375.000,-/dus
Ø Sedang untuk pembelian diatas/ > 4 dus (1 dus @ 25 kg), harganya Rp. 1.250.000,-/dus

*) Harga diatas tidak termasuk ongkos kirim.

Apabila anda berminat silahkan menghubungi kami pada HP : 08567219970 atau e-mail : ferry_agustriyanto@yahoo.co.id .

Wanda hamidah mengatakan...

,,.,KISAH NYATA , , , ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 150 juta dan di bank totalnya 350 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan ustad K.H.Muh.Rasheed hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi beliau. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an.
Silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 1M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih Ustad K.H.Muh.Rasheed saya tidak akan melupakan jasa Pak ustad. ANDA TAK PERLU RAGU HARUS TERTIPU KARNA SY SUDAH BUKTIKAN.(AMAN TANPA TUMBAL).

Posting Komentar