Minggu, 15 Agustus 2010

PENGOLAHAN TEPUNG TAPIOKA

Posted on/at 21.36 by Admin

PROSES PRODUKSI

1. Pengupasan

Pengupasan dilakukan dengan cara manual yang bertujuan untuk memisahkan daging singkong dari kulitnya. Selama pengupasan, sortasi juga dilakukan untuk memilih singkong berkualitas tinggi dari singkong lainnya. Singkong yang kualitasnya rendah tidak diproses menjadi tapioka dan dijadikan pakan ternak.

2. Pencucian

Pencucian dilakukan dengan cara manual yaitu dengan meremas-remas singkong di dalam bak yang berisi air, yang bertujuan memisahkan kotoran pada singkong.

3. Pemarutan

Parut yang digunakan ada 2 macam yaitu :
1. Parut manual, dilakukan secara tradisional dengan memanfaatkan tenaga manusia sepenuhnya.
2. Parut semi mekanis, digerakkan dengan generator

4. Pemerasan/Ekstraksi

Pemerasan dilakukan dengan 2 cara yaitu:
1. Pemerasan bubur singkong yang dilakukan dengan cara manual menggunakan kain saring, kemudian diremas dengan menambahkan air di mana cairan yang diperoleh adalah pati yang ditampung di dalam ember.
2. Pemerasan bubur singkong dengan saringan goyang (sintrik). Bubur singkong diletakkan di atas saringan yang digerakkan dengan mesin. Pada saat saringan tersebut bergoyang, kemudian ditambahkan air melalui pipa berlubang. Pati yang dihasilkan ditampung dalam bak pengendapan.

5. Pengendapan
Pati hasil ekstraksi diendapkan dalam bak pengendapan selama 4 jam. Air di bagian atas endapan dialirkan dan dibuang, sedangkan endapan diambil dan dikeringkan.
Pengeringan Sistem pengeringan menggunakan sinar matahari dilakukan dengan cara menjemur tapioka dalam nampan atau widig atau tambir yang diletakkan di atas rak-rak bambu selama 1-2 hari (tergantung dari cuaca). Tepung tapioka yang dihasilkan sebaiknya mengandung kadar air 15-19%.

Sumber : http://www.bi.go.id/sipuk/id/

1 komentar:

Ferry AT mengatakan...

Bahan/Obat Pemutih Sagu/Tapioka
ferry-at.blogspot.com
Adalah bahan untuk membuat tepung sagu/tapioka yang anda hasilkan menjadi lebih putih bersih sehingga akan meningkatkan kualitas dan harga jual tepung sagu/tapioka anda.

Berikut kami tawarkan harga Pemutih Sagu/Tapioka ini :
Ø Harga eceran per-kilonya Rp. 60.000,-
Ø Untuk pembelian diatas/ > 1 dus (1 dus @ 25 kg), harganya Rp. 1.375.000,-/dus
Ø Sedang untuk pembelian diatas/ > 4 dus (1 dus @ 25 kg), harganya Rp. 1.250.000,-/dus

*) Harga diatas tidak termasuk ongkos kirim.

Apabila anda berminat silahkan menghubungi kami pada HP : 08567219970 atau e-mail : ferry_agustriyanto@yahoo.co.id .

Poskan Komentar