Selasa, 19 Mei 2009

NILAI GIZI GANDUM

Posted on/at 21.42 by Admin

Gandum (Triticum sp.) termasuk dalam golongan serealia yang merupakan bahan makanan sumber karbohidrat. Selain sebagai bahan makanan, serealia dapat pula diolah sebagai bahan-bahan industri yang penting, baik bentuk karbohidrat utamanya atau komponen lainnya (Makfoeld, 1982).

Gandum merupakan bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Oleh karena itu, sebagian besar penduduk dunia mengonsumsi gandum sebagai makanan pokok selain beras. Gandum dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan seperti mie, pasta, tepung gandum sebagai bahan baku pembuatan roti.

Gandum dengan kualitas tinggi dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok yang terpenting bagi sebagian besar penduduk dunia, sedangkan gandum kualitas rendah digunakan untuk makanan ternak. Barometer pasaran gandum dunia ditentukan oleh pasaran gandum di Chicago, Amerika Serikat, yang merupakan negara pengekspor gandum terbedar di dunia. Perdagangan gandum dunia terus mengalami kenaikan karena meningkatnya permintaan dari negara-negara yang sedang berkembang, dimana impor dari negara-negara yang sedang berkembang tersebut mengambil bagian sebanyak 64 % dari seluruh perdagangan gandum dunia (Rachman, 1983).

Tanaman gandum jarang ditemukan di Indonesia karena kondisi lingkungan fisik di Indonesia tidak cocok untuk tanaman gandum yang merupakan tanaman subtropis. Akan tetapi masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai produk olahan gandum seperti mie instan bahkan lebih besar dari jagung dan ubi kayu.

Umumnya produk olahan gandum lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang hidup diperkotaan. Meningkatnya konsumsi produk olahan gandum akan meningkatkan impor gandum atau tepung gandum. Tepung gandum sendiri mempunyai kandungan protein dan karbohidrat yang lebih tinggi daripada tepung yang dibuat dari jenis lain.

Komposisi Gizi Roti Dibanding Nasi dan Mi Basah per 100 gram Bahan



Berdasarkan Tabel, dapat diketahui bahwa dibandingkan dengan 100 gram nasi putih atau mi basah, maka 100 gram roti memberikan energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan besi yang lebih banyak. Beberapa keunggulan roti yang terbuat dari tepung gandum utuh itu adalah mengandung serat pangan, antioksidan, fitoestrogen (baik untuk mencegah penyakit jantung dan aneka kanker), vitamin dan mineral yang jauh lebih banyak dibandingkan roti putih. Selain itu, roti gandum juga memiliki cita rasa yang sangat khas.

Bahan baku untuk produksi biethanol bisa didapatkan dari berbagai tanaman, baik yang secara langsung menghasilkan gula sederhana semisal Tebu (sugarcane), gandum manis (sweet sorghum) atau yang menghasilkan tepung seperti jagung (corn), singkong (cassava) dan gandum (grain sorghum) disamping bahan lainnya.
Tetapi di Indonesia sendiri belum dikembangkan produksi bioethanol yang menggunakan gandum sebagai bahan bakunya. Sebagian besar bioethanol yang diproduksi di Indonesia masih memanfaatkan singkong dan tebu.



REFERENCES :

Anonim. 2001. Tips Memilih Bahan Kue. http://www.tabloidnova.com/articles.asp?id=2391. Diakses pada tanggal 12 April 2007.

Anonim. 2006. Pokok Gandum. http://ms.wikipedia.org/wiki/Gandum. Diakses pada tanggal 12 April 2007.

Anonim. 2006. Sekerat Roti, Kaya Kandungan Gizi
http://www.kompas.com/ver1/Kesehatan/0703/30/125323.htm. Diakses pada tanggal 12 April 2007.

Anonim. 2007. Roti. http://ms.wikipedia.org/wiki/Roti. Diakses pada tanggal 12 April 2007.

Anonim. 2007. Roti Penganan Nikmat dan Sehat. http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=283968&kat_id=84. Diakses pada tanggal 12 April 2007.

Astawan, Made. 2004. Kandungan Serat dan Gizi pada Roti Ungguli Mi dan Nasi. http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1087532236,16801, diakses pada tanggal 12 April 2007.

0 komentar:

Posting Komentar